• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Buku Tamu

MUI Haramkan Hari Valentine

 on Jan 2, 2012  

    MUI Haramkan Hari Valentine | Selamat pagi :). Kali ini gw mau kasih kabar/berita bahwa MUI Haramkan Hari Valentine, hmm sepertinya berita ini menguatkan postingan gw setahun yang lalu yaitu merayakan hari valentine adalah perbuatan sia-sia seperti apa dan bagaimana beritanya, mari kita makan sama-sama eh kita baca sama-sama :D.

Anti Valentine days


INILAH.COM, Samarinda - Majelis Ulama Indonesia (MUI) seluruh Kalimantan menerbitkan fatwa haram terhadap perayaan Hari Kasih Sayang atau Valentine Day yang diperingati setiap 14 Februari.
Keputusan dihasilkan melalui Rapat Koordinasi MUI Regional V seluruh Kalimantan terdiri Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Barat itu digelar di Pontianak pada pertengahan Desember 2011 lalu.


Ada pun pemberlakuan fatwa haram itu ditujukan kepada seluruh umat Islam di Kalimantan, khususnya kalangan remaja dan pemuda yang kerap ikut merayakan tradisi umat agama lain. Demikian diungkapkan Ketua MUI Kaltim KH Hamri Has kepada Koran Kaltim kemarin (1/1).
"Berdasarkan hasil rapat koordinasi MUI se-Kalimantan di Pontianak pada pertengahan Desember lalu memutuskan menerbitkan fatwa haram terhadap Valentine Day yang dirayakan setiap 14 Februari. Semua yang hadir, mengadakan dan mengikuti Valentine Day hukumnya haram. Dengan fatwa ini MUI mengingatkan menjelang bulan Februari 2012 agar tak merayakan, mengikuti tradisi Hari Kasih Sayang tersebut," tegas Hamri.

Menurutnya, pembahasan Valentine Day menjadi agenda khusus dalam pertemuan tersebut. Pasalnya, makna perayaan hari kasih sayang dijelaskan tak hanya dilakukan pada 14 Februari saja. Melainkan dapat dilakukan setiap saat guna menjalin silaturahmi dan ukhuwah islamiyah. Sedangkan makna yang dalam perayaan Valentin Day yang sangat digandrungi kalangan remaja itu mulai mengarah pada kegiatan maksiat dan perbuatan dosa.

"Masalah fatwa Valentin Day ini menjadi masalah yang sangat penting hingga terbit dan diberlakukan di Kalimantan. Karena realitanya sudah melenceng ke arah maksiat. Karena tema peringatan Hari Kasih Sayang berbeda dengan realisasi kemeriahan acara itu. Beberapa laporan yang dipaparkan MUI di Kalimantan bahwa Valentina mengarah ke maksiat dan kebebasan. Saya juga menerima laporan saat merayakannya, para remaja berpelukan ketika tengah malam untuk meluapkan kasih sayang itu. Padahal mereka belum muhrim," terangnya.

Karena itu, empat MUI di Kalimantan mengusulkan ke MUI Pusat untuk menerbitkan fatwa serupa yang berlaku secara nasional. Sebab, setiap MUI di provinsi memiliki hak dan kewajiban masing-masing dalam menerbitkan fatwa sesuai dengan situasi dan kondisi yang terjadi di daerahnya.

"Kita sudah usulkan ke MUI Pusat, agar fatwa yang diberlakukan MUI se-Kalimantan itu dapat ditindaklanjuti menjadi fatwa nasional MUI untuk menyadarkan remaja Islam di Indonesia agar tidak kebablasan dengan meniru budaya dan tradisi orang lain.," ungkapnya.
Selain itu, persoalan perbaikan ahlak juga menjadi catatan penting dengan mengacu pada kejadian di Indonesia yang mendahulukan emosi dibanding musyawarah dan kekeluargaan dalam menyelesaikan setiap persoalan.

Kondisi itu tak lain akibat merosotnya ahlak, sehingga MUI tetap akan meningkatkan dakwah dan penjelasan ke umat agar memerbaiki akhlaq dengan menyelesaikan berbagai masalah tanpa emosi. [mor]

Bagai mana?  MUI Haramkan Hari Valentine masih berniatkah merayakannya? Kembali ke diri masing-masing, up to u :p.

wassalam
*ngacir, telat ngampus*

MUI Haramkan Hari Valentine 4.5 5 anwar sofi'i Jan 2, 2012     MUI Haramkan Hari Valentine | Selamat pagi :). Kali ini gw mau kasih kabar/berita bahwa MUI Haramkan Hari Valentine, hmm sepertinya ber...


12 comments:

  1. BUku tamunya gak ada yang gan ?
    Ya udah ane comment disini aja gan
    dari komputersoftware.com

    Nice Blog Gan :)

    ReplyDelete
  2. aku setuju juga gan di haramkan, karna ngerayakan kasih sayang tu ga mesti harus valentine, tapi percuma juga lah di haramkan, pasti lah tiap valentine hotel hotel akan penuh juga..
    join di new blog aku war
    blog-joyo.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. @doesa : betul joy.

    BTW hotel penuh kenapa ya?? hahah, ok meluncur joy.

    ReplyDelete
  4. anwar : dah aku follow back war,
    tu hotel bisa pada penuh semua tau sendiri aja lah war, kan cinta itu indah nya kan cuma di kamar bagi anak gaul jaman sekarang

    ReplyDelete
  5. @doesa Mungkin itulah sebabnya kenapa diharamkan...
    ujung ujungnya dikamar juga sih...



    -------------
    Blogwalking gan... ^^

    ReplyDelete
  6. berkunjung di mari sambil baca-baca

    ReplyDelete
  7. Helo gan boleh juga nih webnya, jangan lupa ditunggu kunjungannya ya gan....???



    www.selaluonline.com

    ReplyDelete
  8. Info yg bagus sobat.. :)
    Lanjutkan :D

    ReplyDelete
  9. hari valentine sama aja dengan hari free sex,kebanyakan orang memaknai nya untuk kasih sayang yang ujung2nya sex pranikah..thanks sob dah posting nih artikel

    ReplyDelete
  10. @irvan : itulah gan dari sejarahnya aja udh g bener, dan anak muda sekarang sebagian besar seperti itu -___- makanya di haramkan MUI.

    @panji : ok.

    @redaksi : siap gan.

    @teja : thanks :)

    @akna : hdeh malah nyari buku tamu.

    ReplyDelete

Pembaca Yang Baik ialah Pembaca Yang Meninggalkan Komentar Yang Nyambung dengan isi artikel, komentarmu = sifatmu!!!
- Jangan tinggalin link dalam komentar, bila terjadi akan saya hapus!
- Dilarang Komentar kasar, kotor, dan sara!

J-Theme